ALAWYAH, KHOFIFAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB DI SMK N 14 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5193111005 COVER.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
2. NIM 5193111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5193111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
4. NIM 5193111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 5193111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (910kB) | Preview
6. NIM 5193111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
7. NIM 5193111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
8. NIM 5193111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
9. NIM 5193111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5193111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 5193111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
Abstract
Pada dasarnya para peserta didik dituntut mencari informasi secara mandiri mengingat keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka di lingkungan sekolah, sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pembuatan produk media pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan teknologi Augmented Reality Di kelas XI 1 DPIB SMK N 14 Medan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media belajar mandiri Di kelas XI 1 DPIB SMK N 14 Medan.
Lokasi penelitian ini dilakukan SMK Negeri 14 Medan khususnya peseta didik kelas XI Konstruksi Jalan dan Jembatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan pengembangan model ADDIE. Pengembangan model ADDIE meliputi tahapan analyze (analisis) ,design (perancangan) ,development (pengemangan), implementation (implementasi),dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran dalam bentuk Aplikasi melalui validasi ahli media, ahli materi , serta dilakukan penilaian oleh pengguna (Siswa/Siswi). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Media Pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan mencakup materi tentang Bagian-bagian jalan dan bahan perkerasan jalan. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor
4,11 dengan interpretasi “layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 3.92 dengan interpretasi “layak”. Dan Hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,32 dengan interpretasi “Sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media pembelajaran berbasis Augmented Reality “layak” digunakan dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri siswa kelas XI DPIB di SMK N 14
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Augmented reality, Konstruksi jalan dan jembatan. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:28 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51170 |