NAINGGOLAN, INDRA ACHDI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SISWA BKPKELAS XIDI SMKNEGERI1PERCUT SEI TUAN SEBAGAIMEDIABELAJARMANDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5173111016 COVER.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
2. NIM 5173111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5173111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
4. NIM 5173111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (933kB) | Preview
5. NIM 5173111016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
6. NIM 5173111016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM 5173111016 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM 5173111016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
9. NIM 5173111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5173111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
14. NIM 5173111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti dan minimnya bahan ajar terutama berbasis modul pada proses pembelajaran siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendapatkan hasil belajar pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, (2) mendapatkan refrensi bahan ajar pada mata pelajaran Bisnis Konstruksi dan Properti,(3) mengetahui prosedur pengembangan modul pembelajaran perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti dan menilai kelayakan modul berdasarkan ahli media, ahli bahasa, guru mata pelajaran dan peserta didik kelas XI BKP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D meliputi tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran dan pengguna. Validasi yang didapat skor akumulasi sebesar 87,63% dengan rincian ahli media memberikan skor 89,9%, ahli materi memberikan skor 77,84%, guru mata pelajaran memberikan skor 94,4%, dan akumulasi 27 orang pengguna memberikan skor 88,41%. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba kepada pengguna maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti yang telah dikembangan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul, Research and Development (R&D), Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, 4D |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51167 |