HARAHAP, USWATUN HASANAH (2022) KETERAMPILAN BERBIKIR KREATIF, PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MORAL SISWA SMA KELAS X DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TENTANG PERUBAHAN IKLIM (CLIMATE CHANGE) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 8186173001 COVER.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
2. 8186173001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. 8186173001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. 8186173001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. 8186173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
6. 8186173001 TABLES.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7. 8186173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
8. 8186173001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
9. 8186173001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13. 8186173001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14. 8186173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah dan penalaran moral siswa SMA di kota Padangsidimpuan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dimana subjek penelitiannya adalah siswa SMA kelas X di kota Padangsdimpuan dengan sampel sebanyak 505 siswa dari SMA N 1 Padangsidimpuan, SMA N 4 Padangsidimpuan dan SMA N 6 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa cukup kreatif dengan nilai sebanyak 83,9. Keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki nilai 79,45 berada pada kategori cukup. Penalaran moral siswa memiliki nilai sebesar 97,16 berada pada kategori tinggi dan masuk pada level pasca konvensional. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif, dengan keterampilan pemecahan masalah siswa sangat kuat dan positif dengan koefisien 0,929. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,663. Korelasi antara keterampilan pemecahan masalah dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,590. Semakin tinggi keterampilan berpikir kreatif siswa maka semakin tinggi keterampilan pemecahan masalah siswa dan penalaran moral siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Har k |
Keywords: | berfikir krteatif; pemecahan masalah, penalaran moral, SSI |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:25 |
Last Modified: | 28 May 2024 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51147 |