PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBOLGA

Maulana, Rizky Handayani (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8196192002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8196192002 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8196192002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8196192002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8196192002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8196192002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8196192002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8196192002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8196192002 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8196192002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8196192002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8196192002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8196192002 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8196192002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8196192002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8196192002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8196192002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8196192002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8196192002 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 8196192002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 8196192002 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 8196192002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[thumbnail of 12. NIM 8196192002 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 8196192002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM 8196192002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 8196192002 CHAPTER V.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 14. NIM 8196192002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 8196192002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 15. NIM 8196192002 ENDCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 8196192002 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (2) bentuk bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (3) kelayakan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (4) keefektifan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes tertulis berbentuk uraian pada materi teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan 10 tahapan yang berlangsung dengan baik, (2) bentuk bahan ajar materi teks prosedur yang dikembangkan memiliki tampilan dan isi yang berbeda dan belum pernah ditemukan bahan ajar yang sama, (3) kelayakan bahan ajar materi teks prosedur yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. Ahli materi meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian memperoleh skor rata-rata 89,80% dengan kriteria sangat baik. Ahli desain meliputi aspek kelayakan kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 88,38% dengan kriteria sangat baik. Uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 86,81% dengan kriteria sangat baik. Uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 88,08% dengan kriteria sangat baik, (4) keefektifan bahan ajar materi teks prosedur menunjukkan peningkatan sebesar 10,37% dari hasil pretes 73,53% menjadi hasil postes 83.90%. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar materi teks prosedur dinyatakan telah layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 411.072 Mau p
Keywords: bahan ajar; teks prosedur; media powtoon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 08:19
Last Modified: 12 Aug 2025 11:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51125

Actions (login required)

View Item
View Item