Maulana, Rizky Handayani (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196192002 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 8196192002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 8196192002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM 8196192002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 8196192002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 8196192002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 8196192002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8196192002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM 8196192002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM 8196192002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 8196192002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (2) bentuk bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (3) kelayakan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga, (4) keefektifan bahan ajar teks prosedur berbantuan media powtoon yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes tertulis berbentuk uraian pada materi teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan 10 tahapan yang berlangsung dengan baik, (2) bentuk bahan ajar materi teks prosedur yang dikembangkan memiliki tampilan dan isi yang berbeda dan belum pernah ditemukan bahan ajar yang sama, (3) kelayakan bahan ajar materi teks prosedur yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. Ahli materi meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian memperoleh skor rata-rata 89,80% dengan kriteria sangat baik. Ahli desain meliputi aspek kelayakan kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 88,38% dengan kriteria sangat baik. Uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 86,81% dengan kriteria sangat baik. Uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 88,08% dengan kriteria sangat baik, (4) keefektifan bahan ajar materi teks prosedur menunjukkan peningkatan sebesar 10,37% dari hasil pretes 73,53% menjadi hasil postes 83.90%. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar materi teks prosedur dinyatakan telah layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.072 Mau p |
Keywords: | bahan ajar; teks prosedur; media powtoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:19 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51125 |