ANWAR, NURUL MAULIDA (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196192007 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 8196192007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 8196192007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 8196192007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 8196192007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 8196192007 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8196192007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8196192007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
12. NIM 8196192007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM 8196192007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasari oleh fenomena masih banyaknya peserta didik yang kesulitan menulis teks eksplanasi dan penggunaan model pembelajaran oleh pendidik dalam upaya meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran sinektik dalam pembelajaran teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI IA 5 SMA Negeri 1 Tanjungbalai, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan model pembelajaran sinektik dalam pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas XI IA 5 SMA Negeri 1 Tanjungbalai, (3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan model sinektik dalam pembelajaran teks eksplanasi pada sisswa kelas XI IA 5 SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan model pembelajaran sinektik menggunakan model 4D (2) produk berupa model pembelajaran sinektik yang telah dikembangkan menjadi Sembilan sintak. Hasil validasi pembelajaran oleh ahli materi pembelajaran yaitu dengan skor 3,25 atau 81,25% dikategorikan “baik” dan validasi desain dengan skor 3,64 atau 91% dikategorikan “sangat baik”. Pembelajaran teks eksplanasi efektif digunakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata pretest 65,37. Setelah dilaksanakan nilai rata-rata posttest menjadi 77,77, artinya mencapai KKM yaitu 76.Motivasi siswa dalam kelompok terbatas dengan skor persentase 89,89% dan aktivitas dalam pembelajaran mendapatkan skor persentase 80%. Motivasi belajar pada kelompok meningkat dengan skor 89,90% dan aktivitas siswa dengan persentase skor 91,33%. Hal ini membuktikan bahwa model sinektik yang dikembangkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 Anw p |
Keywords: | menulis teks ekspalanasi; model sinektik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:10 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51123 |