Siregar, Niko Hendra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN IMAJINASI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 2 MEDAN TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206192005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8206192005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
3. NIM 8206192005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 8206192005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 8206192005 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 8206192005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
10. NIM 8206192005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
11. NIM 8206192005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Permainan Imajinasi pada pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Nasrani 2 Medan, dan mengetahui bahwa pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang menarik dan menanggap sulit oleh peserta didik, sehingga peneliti memerlukan media yang innovasi dan menarik. Media Permainan dibutuhkan di sekolah SMP Nasrani 2 Medan dalam pembelajaran teks narasi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media permainan imajinasi pada pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and development (R & D)Penulisan terbagi menjadi 3 : 1. Bagaimanakah perencanaan pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam pembelajaran teks narasi siswa khususnya kelas VII SMP Nasrani 2 Medan, 2. Bagaimanakah kelayakan Media Permainan Imajinasi pada materi teks narasi peserta didik khususnya kelas VII SMP Nasrani 2 Medan, 3. Bagaimanakah keefektifan hasil belajar teks narasi setelah dilaksanakan media permainan imajinasi pada siswa kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Penelitian ini sangat bertujuan ntuk mengetahui hasil pengembangan media permainan imajinasi pada menulis teks narasi untuk siswaa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode Research and development (R & D) yang dirujuk kepada model Borg & Gall yang dikemukakan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa : (1) Hasil Validasi ahli materi terhadap kelayakan aspek materi memperoleh rata-rata 90,55% dengan kategori yang sangat baik, (2) Hasil validasi Media dengan rata-rata 86,16 % dengan kategori yang sangat baik, (3) Hasil Validasi dari tenaga pendidik memperoleh rata-rata 95,5 % dengan berkategori sangat baik, (4) Hasil Validasi perorangan 87,21 %,(5) Perolehan hasil uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 89,43 % berkategoti baik. Hal ini membuktikan bahwa media permainan imajinasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga media permainan imajinasi pada pembelajaran menulis teks narasi dipergunakan di dalam pembelajaran nya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.072 Sir p |
Keywords: | Pengembangan; Media Permainan Imajinasi; teks narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:06 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51122 |