Suprayogo, Budi (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS PROSEDUR DENGAN PEMANFAATAN GAME VIRTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH JAWA TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206192010 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM 8206192010 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (955kB) | Preview
3. NIM 8206192010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 8206192010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 8206192010 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 8206192010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
10. NIM 8206192010 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
11. NIM 8206192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk game virtual pada lembar kerja pesrta didik (LKPD) teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa, (2) proses pengembangan lembar kerja pesrta didik (LKPD) teks prosedur dengan pemanfaatan game virtual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa (3) keefektifan pengembangan lembar kerja pesrta didik (LKPD) teks prosedur dengan pemanfaatan game virtual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan desain pembelajaran (Instrutructional Design) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitan yang didapatkan adalah kelayakan LKPD dengan pemanfaatan Game Virtual. Penggunaan LKPD dengan pemanfaatan game virtual dalam pembelajaran, mampu merangsang peserta didik dan menambah pengalaman baru dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) proses pengembangan LKPD dengan memanfaatkan game virtual dilakulan dengan beberapa tahap, yaitu tahap analisis maslah, tahap desain produk, tahap development, tahap implementasi, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) kelayakan LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. dengan persentase validasi materi 96,25% dan persentasi ahli desain media 94%. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kemenarikan LKPD dengan pemanfaatan game virtual sebagai media pembelajaran, dengan persentase respon pendidik 98,8%. Pada uji coba perorangan mendapat persentase 88,10% yang tergolong sangat baik, uji kelompok kecil 89,09%, dan uji lapangan 93,14%. Pengembangan LKPD dengan pemanfaatan game virtual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. produk LKPD teks prosedur dengan pemanfaatan game virtual ini dapat diterapkan untuk melatih pemahaman konsep peserta didik, karena LKPD ini mengandung soal evaluasi yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep dan memberikan pengalaman baru dalam materi pembelajaran menulis teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.803 072 Sup p |
Keywords: | Teks Prosedur; LKPD; Game Virtual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:36 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51115 |