JUANG GULO, MEGA MURNI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOTUTORIAL PADAMATERIPELAJARANBELAHANDUA LAJUR SAMA BENTUK SISWA KELAS X SMK PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5173143014 COVER.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
2. NIM 5173143014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5173143014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
4. NIM 5173143014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
5. NIM 5173143014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
6. NIM 5173143014 TABLES.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
7. NIM 5173143014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
8. NIM 5173143014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
9. NIM 5173143014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5173143014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
14. NIM 5173143014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi di abad 21 berpengaruh terhadap berbagai aspek salah satunya adalah didunia pendidikan. Oleh sebab itu tenaga pendidik dan peserta didik harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi agar kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1)mengembangan media pembelajaran video tutorial pada materi belahan dua lajur sama bentuk di SMK Pencawan Medan dan (2)mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Pencawan Medan.
Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 semester ganjil Tahun Ajaran
2021/2022 pada siswa kelas X SMK Pencawan. Metode penelitian yang
digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan 4-D (difine, design, develop and desseminate). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran video tutorialyang dapat digunakan untuk materi pembelajaran pembuatan belahan dua lajur sama bentuk. Media pembelajaran di validasi oleh dua jenis ahli yaitu ahli materi dan ahli media.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan media pembelajaran video
tutorial pada materi belahan dua lajur sama bentuk di SMK Pencawan Medan menurut ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase rata-rata skor penilaian yaitu 93,52% dan menurut hasil penilaian dari ahli media termasuk kategori “Sangat baik” dengan persentase rata-rata skor penilaian 95,2%. (2) Media pembelajaran video tutorial yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan pada kegiatan belajar mengajar berdasarkan nilai rata-rata uji kelayakan kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor penilaian 89% dengan kategori “Sangat Layak” dan uji kelayakan kelas besar memperoleh skor penilaian 96,8% kategori “Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Belahan Busana. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51113 |