Siahaan, Ayu Adryani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERSUASIF BERBASIS METODE DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VIII SMP TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206192012 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8206192012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8206192012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM 8206192012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 8206192012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 8206192012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
10. NIM 8206192012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
11. NIM 8206192012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks persuasif berbasis metode discovery learning pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADIIE yang terdiri atas analisis, rancangan, pengembangan, implementasi,dan evaluasi. Produk bahan ajar penelitian mendapatkan rata-rata hasil penilaian ahli materi 97,82% kategori sangat layak, penilaian ahli desain 96,2% pada kategori sangat layak, penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia 90,3% berada pada kategori sangat layak. Uji coba produk sebanyak tiga kali yaitu uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan terbatas, dengan jumlah rata-rata penilaian peserta didik perorangan adalah 89,1%, uji coba terhadap kelompok kecil yaitu sepuluh orang peserta didik dengan rata-rata 90,8 % dan uji lapangan terbatas dilakukan terhadap 30 peserta didik SMP GKPI Padang Bulan Medan dengan rata-rata 92,4 kategori sangat layak. Efektivitas bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning didapat dari hasil belajar peserta didik dilakukan dalam dua tahap yaitu pada saat pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh pada saat pre-test adalah 2.132 dengan rata-rata 71, nilai ini terkategori “cukup” dan belum memenuhi nilai KKM yaitu 75.Setelah menggunakan bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning dan dilakukan post-test jumlah skor total peserta didik meningkat menjadi 2.431 dengan rata-rata 81 terkategori “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning membawa perkembangan yang baik dan efektif digunakan peserta didik kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 807.072 Sia p |
Keywords: | bahan ajar; teks persuasif; discovery learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51108 |