PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERSUASIF BERBASIS METODE DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VIII SMP TP 2021/2022

Siahaan, Ayu Adryani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERSUASIF BERBASIS METODE DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VIII SMP TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8206192012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206192012 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206192012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206192012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8206192012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206192012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206192012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206192012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206192012 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206192012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206192012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206192012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8206192012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8206192012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 8206192012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM 8206192012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks persuasif berbasis metode discovery learning pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADIIE yang terdiri atas analisis, rancangan, pengembangan, implementasi,dan evaluasi. Produk bahan ajar penelitian mendapatkan rata-rata hasil penilaian ahli materi 97,82% kategori sangat layak, penilaian ahli desain 96,2% pada kategori sangat layak, penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia 90,3% berada pada kategori sangat layak. Uji coba produk sebanyak tiga kali yaitu uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan terbatas, dengan jumlah rata-rata penilaian peserta didik perorangan adalah 89,1%, uji coba terhadap kelompok kecil yaitu sepuluh orang peserta didik dengan rata-rata 90,8 % dan uji lapangan terbatas dilakukan terhadap 30 peserta didik SMP GKPI Padang Bulan Medan dengan rata-rata 92,4 kategori sangat layak. Efektivitas bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning didapat dari hasil belajar peserta didik dilakukan dalam dua tahap yaitu pada saat pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh pada saat pre-test adalah 2.132 dengan rata-rata 71, nilai ini terkategori “cukup” dan belum memenuhi nilai KKM yaitu 75.Setelah menggunakan bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning dan dilakukan post-test jumlah skor total peserta didik meningkat menjadi 2.431 dengan rata-rata 81 terkategori “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks persuasif berbantuan metode discovery learning membawa perkembangan yang baik dan efektif digunakan peserta didik kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 807.072 Sia p
Keywords: bahan ajar; teks persuasif; discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 05:19
Last Modified: 15 Jul 2024 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51108

Actions (login required)

View Item
View Item