Br Sembiring, Rudang (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Subtema 3 DiKelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311020_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183311020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1183311020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 1183311020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 1183311020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1183311020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183311020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1183311020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1183311020_BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 1183311020_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 1183311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Permasalahan awal yang terdapat pada penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran interaktif berbasis teknologi sehingga berdampak terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDN 040450 Kabanjahe, dapat dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui validasi, praktikalitas, dan keefektifan Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Subtema 3 Di Kelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022. Berdasarkan ahli validator dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah – langkah dalam enelitian ini dibatasi menjadi 6 tahapan yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli desain, ahli praktisi pendidikan dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran Interaktif, dapat dilihat pada tabel penilaian ketiga ahli yang diperoleh berturutturut
yaitu 91,07%, 93,1% dan 88,63%. Sehingga media pembelajaran interaktif layak untuk diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba produk nilai peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif adalah 50,2% dan menjadi 82,3% setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil peserta didik dalam menggunakan produk memiliki nilai di atas KKM yaitu 70, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Sehingga Medi a Pembelajaran Interaktif Berbasis
Aplikasi Ispring Suite 9 Efektif Digunakan Di Kelas IV SD. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat ditarik kesimpulannya bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku, Pembelajaran 1 layak
digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Aplikasi ISpring Suite 9; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:18 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51105 |