DAHLIA (2022) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KLINIS BERBANTUAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA YAYASAN PERGURUAN ISLAMIYAH BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206131002 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 8206131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8206131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8206131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8206131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8206131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8206131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8206131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8206131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8206131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. 8206131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk dalam bidang administrasi pendidikan berupa model supervisi klinis berbantuan teknologi dan informasi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan supervisi klinis di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Yayasan Perguruan Islamiyah Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan level 1, yaitu melakukan penelitian dan menghasilkan model yang divalidasi secara internal. Untuk mendapatkan model, digunakan tiga tahapan penelitian yaitu: tahap 1 studi pendahuluan, tahap 2 model pengembangan, tahap tiga validasi model. Subyek penelitian yaitu guru dan kepala madrasah. Data diperoleh dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, penyebaran angket dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dinamakan model supervisi klinis berbantuan teknologi dan informasi. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model (Andani dkk, 2017) dengan mendesain ulang komponen yang dianggap berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelaksanaan supervisi klinis yang diterapkan di madrasah dalam masa pandemi covid-19. Model divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan kepala madrasah sebagai praktisi dan para pakar. Model ini memuat empat tahapan pelaksanaan supervisi klinis yaitu tahap perencanaan awal, pertemuan awal, observasi dan temuan balikan beserta aplikasi yang digunakan. Untuk mempermudah dalam penerapannya model ini dilengkapi dengan panduan, sehingga kepala madrasah akan lebih mudah mempelajari dan menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.202 Dah p |
Keywords: | supervisi klinis; teknologi dan informasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:43 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51064 |