Hutabarat, Farida (2022) Kemampuan Menelaah Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Isi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111013 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 2173111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
3. NIM 2173111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 2173111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM 2173111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 2173111013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM 2173111013 LIST OFI FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 2173111013 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM 2173111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 2173111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
13. NIM 2173111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Menelaah Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Isi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kemampuan menelaah struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan tahun pembelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak) dan terpilih kelas VII-B dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai. Tes esai yang dimaksud adalah menelaah struktur, ciri kebahasaan dan isi dari sebuah teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan lembar kerja kepada siswa secara langsung. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menelaah teks laporan hasil observasi berdasarkan aspek struktur dengan skor rata-rata skor sebesar 75,78 dengan kategori cukup, aspek ciri kebahasaan dengan skor rata-rata sebesar 71,875 dengan kategori cukup, aspek isi dengan skor rata-rata sebesar 80,46 dengan kategori baik. Jadi, hasil menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan dikategorikan mampu dalam menelaah struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan jumlah skor rata-rata dari ketiga aspek tersebut sebesar 76,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan menelaah; teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:51 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51054 |