Mariaty, Shanaya Prita (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Pada Pembelajaran tematik Kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311016_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183311016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 1183311016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM. 1183311016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 1183311016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1183311016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183311016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183311016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 1183311016_BAB I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM. 1183311016_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 1183311016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian yang layak digunakan untuk menilai hasil belajar mengajar di kelas V (2) mengetahui praktikalitas instrumen penilaian berbasis HOTS yang dikembangkan pada tema 7
subtema 2 pembelajaran 1, (3) mengetahui efektivitas instrumen penilaian yang dikembangkan pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development
(R&D) yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebarluasan). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771
Tembung sebanyak 29 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli evaluasi dan guru SD Negeri 101771 Tembung dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, evaluasi dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada uji kelayakan oleh ahli materi termasuk pada kriteria "Sangat Layak" dengan perolehan hasil validasi 97,14%. Sedangkan oleh ahli evaluasi mendapat kriteria "Sangat Layak" dengan perolehan rata-rata hasil validasi 97%. Dari hasil penilaian ahli materi dan evaluasi mendapat kriteria
“Sangat Layak” dengan rata-rata persentase 97% maka dapat disimpulkan bahwa produk instrumen penilaian yang telah divalidasi sudah layak digunakan. (2) Pada uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan termasuk pada kriteria "Sangat Praktis" dengan perolehan hasil validasi 97%. (4) Pada uji keefektifan melalui perhitungan nilai tes instrumen penilaian sebesar 1752 dan rata-rata 60,4 maka menghasilkan
persentase 80% dan mendapat kriteria “Efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Penilaian; HOTS; Kelas V; Tema 7 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51025 |