Siregar, Afriani Shintya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Berbasis ICT Pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Hak Dan Kewajibanku Di Rumah Kelas III SD Negeri 060957 Belawan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311062_COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 1183311062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183311062_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 1183311062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 1183311062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM. 1183311062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 1183311062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 1183311062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 1183311062_BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. NIM. 1183311062_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1183311062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan Pengembangan media pembelajaran ini di latarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan, seperti kurangnya variasi dan kurangnya pemanfaatan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Guru masih
menggunakan media gambar yang ditempelkan di dinding kelas, sehingga kurang menarik perhatian dan antusias siswa dalam belajar sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Game Spinning berbasis ICT pada Tema 4 Subtema 1 Hak dan Kewajibanku di rumah serta untuk melihat tingkat kelayakan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran Game Spinning berbasis ICT. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau sering dikenal Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development Implementation and Evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Game Spinning berbasis ICT pada Tema 4 Subtema 1 Hak dan Kewajibanku di rumah dikatakan layak, efektif dan
praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas III SD Negeri 060957 Belawan. Uji kelayakan dan kepraktisan media diperoleh dari validasi atau penilaian media yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan praktisi
pendidikan. Validasi oleh ahli materi diperoleh skor 70 dengan persentase yaitu 93,33% dan berada pada kategori sangat “sangat layak, Validasi media oleh ahli media diperoleh skor 68 dengan persentase yaitu 94,1% dan berada pada kategori “sangat layak”. Selanjutnya validasi media oleh praktisi pendidikan diperoleh skor 58 dengan persentase kelayakan 97% dan berada pada kategori “sangat praktis”.
Keefektifan media yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah melaksanakan pre test dan post test. Berdasarkan pelaksanaannya ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana rata- rata hasil belajar pada pre
test yaitu 64 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 83
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Game Spinning berbasis ICT; Penelitian dan Pengembangan; Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50991 |