Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Materi Teks Prosedur Kompleks Bermuatan Cinta Lingkungan Kelas VII SMP Swasta Karyawan Turangie Tahun Pembelajaran 2020/2021

Tarigan, Dini Sartika Br (2022) Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Materi Teks Prosedur Kompleks Bermuatan Cinta Lingkungan Kelas VII SMP Swasta Karyawan Turangie Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1.  NIM 2173311014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173311014 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM 2173311014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173311014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173311014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173311014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173311014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173311014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173311014 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173311014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2173311014 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2173311014 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM 2173311014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2173311014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2173311014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2173311014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2173311014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2173311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan sebuah buku saku teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan serta mengetahui kelayakan buku saku agar bisa digunakan oleh guru dan siswa di sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D). Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Peneliti membatasi pengembangan ini sampai tahap ke 8 yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba produk, Revisi Produk dan Uji Pemakaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pengumpulan data lewat instrumen kemudian dikerjakan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu pada tahap II validasi ahli materi mendapatkan nilai 4,6 dengan kriteria kelayakan yaitu “sangat layak” dan dapat dikatakan layak untuk digunakan. Selanjutnya, pada tahap II validasi ahli media memperoleh nilai 4,8 dengan kriteria kelayakan yaitu “sangat layak” dan dapat dikatakan layak untuk digunakan. Dan yang terakhir adalah validasi guru bahasa Indonesia memperoleh nilai 4,3 dengan kriteria kelayakan yaitu “sangat layak” dan dapat dikatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan maka buku saku sudah layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pretest yaitu rata-rata keseluruhan 67 dibandingkan dengan hasil post test yaitu rata-rata keseluruhan 96 pada pembelajaran teks prosedur menggunakan buku saku telah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Buku Saku; Teks Prosedur; Cinta Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:50
Last Modified: 20 Mar 2023 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50990

Actions (login required)

View Item
View Item