Purba, Rafika Octafia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111131018 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4111131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM 4111131018 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 4111131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 4111131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 4111131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 4111131018 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM 4111131018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 4111131018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
10. NIM 4111131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
14. NIM 4111131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
15. NIM 4111131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif TAI dan CPS dengan bantuan LKS pada termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 12 Medan T.A 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu untuk kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan mdel pembelajaran kooperatif TAI dan kelas eksperimen 2 menggunakan kooperatif CPS. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 36,94 dan post test sebesar 67,14 sedangkan untuk kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 36,06 dan post test sebesar 50,9. Sebelum teknik analisis, digunakan terlebih dahulu uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas diuji dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas digunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diproleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh Thitung > ttabel yaitu 6,23 > 1,978. Hal ini berarti bahwa terima Ha atau tolak H0. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif TAI dengan CPS dengan bantuan LKS pada materi termokimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 011 |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe TAI; Tipe CPS |
Subjects: | N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 23:39 |
Last Modified: | 03 May 2016 23:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5098 |