AMANDA, NADIAH (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN WARNA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KUE INDONESIA DI SMK NEGERI 1 PANTAI LABU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.5152142010 COVER.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
2. NIM.5152142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5152142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
4. NIM.5152142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
5. NIM.5152142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
6. NIM.5152142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
7. NIM.5152142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
8. NIM.5152142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
9. NIM.5152142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM.5152142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
14. NIM.5152142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengetahuan Warna siswa; (2) Kemandirian belajar siswa; (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran kue Indonesia;(4) Hubungan Pengetahuan Warna dengan hasil belajar siswa pada pelajaran kue Indonesia; (5) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran kue Indonesia; (6) Hubungan Pengetahuan Warna dan kemandirian belajar dengan hasil belajarsiswa pada pelajaran kue Indonesia.Tempatpenelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 PantaiLabu.Waktupenelitiandilaksanakanpadabulan April-Juni 2022.Populasipenelitianseluruhsiswakelas IX JasaBogaberjumlah 34 siswa.Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling, makajumlahsampelsebanyak34 siswa. Teknik pengumpulan data untukPengetahuanWarnadengantes, kemandirian belajar menggunakanangket danHasil Belajar KueIndonesiamenggunakannilairaporsiswa semester genapTahunAjaran2021/2022. Teknik analisis data secara deskriptif, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakanuji normalitas dan uji linearitas, uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Pengetahuan Warna termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 50 persen. Tingkat kecenderungan kemandirian belajar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 65 persen.Tingkat kecenderungan hasil belajar kueIndonesia termasuk kategoricenderungtinggi sebesar 100 persen. Hasil analisis korelasiparsial menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengetahuan Warna dengan hasil belajar kueIndonesia dengan nilai ryx1x2 = 0,706 dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung> ttabel yaitu (5,63>1,69)padatarafsignifikasi 5 persen. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar denganhasilbelajarkue Indonesia dengan nilai ryx2x1 = 0,549dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung> ttabel yaitu (3,71>1,69). Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antarpengetahuan warna dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kueIndonesia dengan nilai korelasiganda Ryx1x2 = 0,938 dan nilai koefisien korelasi ganda Fhitung > Ftabel yaitu 113,43> 3,29padatarafsignifikasi 5 persen. Artinya semakin tinggi pengetahuan warna dan kemandirian belajar maka semakin tinggi hasil belajar KueIndonesiadi SMK Negeri 1 PantaiLabu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:12 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50974 |