Nurhaliza, Siti (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI BUSANA PADA PENYELESAIAN TEPI BUSANA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153143015 COVER.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
2. NIM 5153143015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153143015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
4. NIM 5153143015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 5153143015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
6. NIM 5153143015 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
7. NIM 5153143015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
8. NIM 5153143015 LIST OF APPPENDICES.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
9. NIM 5153143015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5153143015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
14. NIM 5153143015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media video tutorial pada kompetensi penyelesaian tepi busana siswa kelas X tata busana di SMK Negero 10 Medan dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan video tutorial pada kompetensi penyelesaian tepi busana siswa kleas X tata busana di SMK Negeri 10 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan ( Research and Development) yang mengacu pada pengembangan Dick and Carey yang mempunyai 10 tahap penelitian, adapun tahapan dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) mengidentifikasi tujuan instruksional, 2) melakukan analisis instruksional, 3) menganalisis karakteristik mahasiswa dan konteks, 4) merumuskan tujuan instruksional khusus, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi instruksional, 7) mengembangkan dan memilih baham instruksional yang sesuai, 8) merancang dan melakukan evaluasi sumatif, 9) melakukan revisi pembelajaran, 10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media yang sudah ahli dibidangnya serta 34 orang peserta didik kelas X tata busana SMK Negeri 10 Medan.
Hasil penelitian ini adalah produk berupa video tutorial pada kompetensi penyelesaian tepi busana dengan hasil uji validitas oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 85% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji validitas oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata 93% dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji kelayakan pada media uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase rata rata 89% dengan kategori “sangat baik” dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai persentase rata-rata 88,4% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian kelayakan media video tutorial penyelesaian tepi busana termasuk kedalam kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Teknologi Busana di SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Mata Pelajaran Dasar Teknologi Busana, Penyelesaian Tepi Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50944 |