Sri Nurma Jenida, Sembiring (2022) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151143021 COVER.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
2. NIM 5151143021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 5151143021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 5151143021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (986kB) | Preview
5. NIM 5151143021 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5151143021 PICTURES.pdf - Published Version
Download (988kB) | Preview
7. NIM 5151143021 TABLES.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
8. NIM 5151143021 CHART.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
9. NIM 5151143021 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
10. NIM 5151143021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
11. NIM 5151143021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
15. NIM 5151143021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
16. NIM 5151143021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video tutorial pada pelajaran Prakarya kompetensi pembuatan produk kerajinan siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). langkah – langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu ; (1) Potensi masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi desain; (8) Uji coba pemakaian; (9) Revisi produk; (10) Produksi masal. Setelah menghasilkan produk berupa media Video Tutorial pada kompetensi pembuatan produk kerajinan, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi ahli materi dan ahli media.
Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian media Video Tutorial pada kompetensi pembuatan produk kerajinan siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan sebagai berikut: validasi oleh ahli materi menyatakan (91%) materi “sangat baik” digunakan karena telah memenuhi standart kelayakan isi (90,4%) “sangat baik” dan penyajian materi (90,7%) “sangat baik”. Validasi oleh ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan (97,3%) media sangat baik dengan aspek kelayakan isi media (98,8%), penyajian visual (95,5%) dan penyajian manfaat (97,7%).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji efektivitas media pada siswa adalah (93%) dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan hasil uji efektivitas media pada guru adalah (93%) dengan kriteria “sangat baik”. Keterangan dari hasil penilaian efektivitas siswa dan guru maka dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Prakarya pada kompetensi pembuatan produk kerajinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas, Media, Video, Tutorial, Prakarya. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:32 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50943 |