Simanullang, Nadia Tri Oktaviani (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca permulaan Dengan Media Interaktif Big Book Berbasis IT Pada Siswa Kelas 1 Di SD Negeri 060934 Medan Johor T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111007 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. NIM. 1181111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM. 1181111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. NIM. 1181111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. NIM. 1181111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. NIM. 1181111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. NIM. 1181111007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. NIM. 1181111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. NIM. 1181111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM. 1181111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 1181111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Interaktif Big Book berbasis IT pada siswa kelas 1 A SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahapan siklus I dan siklus II. Prosedur pelaksanaan tindakan terbagi dalam dua siklus dengan empat komponen setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 A SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam kegiatan membaca permulaan dengan media interaktif Big Book berbasis IT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara guru kelas, soal tes membaca permulaan, dan dokumentasi berupa nilai,foto-foto pelaksanaan tindakan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskripsif kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif, kriteria keberhasilan dilihat dari nilai soal tes membaca dan perubahan sikap siswa kearah yang lebih baik. Pada bagian ini disajikan hasil penelitian (soal tes dan non tes) yang diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Penelitian ini terbagi atas dua bagian yaitu hasil penelitian siklus I dan hasil penelitian siklus II nilai rata-rata hasil menjawab dan membaca siswa pada siklus I dan siklus II dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan membaca siswa melalui media Interaktif Big Book berbasis IT. Hal ini dilihat dari siswa menjawab soal dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 42,35 kemudian meningkat pada siklus II yaitu 71,4. Peningkatan juga dilihat dari hasil skap perubahan siswa yang setiap siklusnya meningkat terhadap pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media Interaktif Big Book berbasis IT mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Membaca permulaan; Media Interaktif Big Book berbasis IT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:04 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50931 |