Viana, Yusni (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA THE THING PUZZLE DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI POKOK JAMUR DI KELAS X SMA PEMBANGUNAN GALANG TP 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4111141025 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM.4111141025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM.4111141025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM.4111141025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM.4111141025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM.4111141025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.4111141025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM.4111141025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.4111141025 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM.4111141025 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM.4111141025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Media The Thing Puzzle dengan Media Crossword Puzzle pada materi jamur di kelas X SMA Pembangunan Galang T.P 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 96 orang. Sedangkan sampel diambil berdasarkan pertimbangan (proposive sampling) sebanyak dua kelas yaitu 64 orang, yaitu 32 orang kelas XA (menggunakan Media The Thing Puzzle) dan 32 orang kelas XB (menggunakan Media Crossword Puzzle). Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Pada kelas eksperimen I (menggunakan Media The Thing Puzzle) didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,83 dengan standar deviasi 7,77 sedangkan pada kelas eksperimen II (menggunakan Media Crossword Puzzle) memiliki rata-rata sebesar 70,10 dengan standar deviasi 15,24. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05, dimana thitung (17,87) > ttabel (1,6697). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dimana kelas eksperimen I (menggunakan Media The Thing Puzzle) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (menggunakan Media Crossword Puzzle) pada materi jamur di kelas X SMA Pembangunan Galang Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 004 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pelihan Media; The Thing Pizzle; Crossword Puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 17:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5093 |