MAULANA, BAMBANG (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMOTIF MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN DI SMKNEGERI 2 KUALUH SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5181122015 COVER.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
2. NIM 5181122015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM 5181122015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
4. NIM 5181122015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
5. NIM 5181122015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
6. NIM 5181122015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
7. NIM 5181122015 TABLES.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
8. NIM 5181122015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
9. NIM 5181122015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5181122015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
14. NIM 5181122015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan yang diajarkan dengan model PBL dan DI pada kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Tahun ajaran
2021/2022. Prosedur penelitian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (a)Mengurus surat izin penelitian, (b) Meninjau lokasi penelitian, (c) Menyusun instrumen tes, (d) Menguji instrumen test penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis data kuantutatif yang diperoleh dari instrumen tes.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Analisis uji independen sample t-test yang digunakan dan didapat output dengan perolehan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model PBL dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan DI. Rata-rata dari kelas eksperimen 1 sebesar 80,50 dan rata-rata dari kelas eksperimen 2 sebesar 44,10 dilihat dari data tersebut nilai rata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari rata-rata kelas eksperimen 2 maka dapat di simpulkan model PBL lebih efektif digunakan daripada model DI karena model PBL adalah sebuah model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan masalah sebagai fokus utama dari pembelajaran dan salah satunya dapat meningkatkan kemampuan analisis dari pembelajaran.
Berdasarkan data diatas dapat diperoleh simpulan bahwa hipotesis untuk variabel kedisiplinan siswa secara statistika dapat diterima yaitu “Ada perbedaan antara model pembelajaran PBL dan DI dengan hasil belajar Model pebelajaran PBL lebih unggul daripada pembelajarn DI”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 08:03 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50929 |