Rosanty, Dinda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Tema 6 Subtema 1 Materi Suhu Dan Kalor Kelas V SDN 102010 Liberia Kec. Teluk Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311046 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1183311046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 1183311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1183311046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1183311046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 1183311046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1183311046 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 1183311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 1183311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM. 1183311046 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 1183311046 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 1183311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction), (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction), (3) mengetahui
keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 102010 Liberia Kec. Teluk Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai
yang berjumlah 33 siswa 22 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, serta lembar soal pretest dan postest. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (1) Uji kelayakan mendapatkan kriteria “Sangat Layak” dengan rincian Validator Ahli Media diperoleh skor 84,28% dan Validator Ahli Materi memperoleh skor 84% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) Uji kepraktisan oleh guru mendapat skor sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil uji coba perorangan
dan kelompok kecil terhadap siswa memperoleh hasil masing-masing uji coba sebesar 92% dan 92,8% dengan kriteria “Sangat Praktis”. (3) Uji keefektifan diperoleh nilai pretest dan postest siswa sebesar 58,38 dan 84,43. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pendidika untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) demi menciptakan pembelajaran yang bermutu serta efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; CAI (Computer Assisted Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:04 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50928 |