PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH AKTIVITAS RITMIK MAHASISWA PJKR BERBASIS POLA KERJA KOMPLEMENTER TAHUN AJARAN 2021/2022

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH AKTIVITAS RITMIK MAHASISWA PJKR BERBASIS POLA KERJA KOMPLEMENTER TAHUN AJARAN 2021/2022. EC00202232711.

[thumbnail of EC00202232711.pdf]
Preview
Text
EC00202232711.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Aktivitas Ritmik Pada Mahasiswa PJKR Berbasis Pola Kerja Komplementer Semester II Tahun Ajaran 2021/2022.”. Bertujuan untuk: Mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang dihadapi dosen dan mahasiswa dalam pengembangan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Pola Kerja Komplementer pada mata kuliah aktivitas ritmik pada mahasiswa PJKR semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan peneltian dari Borg
and Gall melalui 10 tahapan diantaranya: (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan penelitian, (3) Pengembangan produk awal, (4) Uji coba lapangan awal (terbatas), (5) Revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) Uji lapangan lebih luas, (7) Revisi hasil uji lapangan, (8) Uji kelayakan, (9)
Revisi hasil uji kelayakan, (10) Diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Penelitian ini direncanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Adapun Waktu penelitian ini dilakukan selama satu semester yaitu pada rentang antara bulan Mei - Juni 2022. Penelitian ini hanya
mengambil data penerapan model pembelajaran blended learning Berbasis Pola Kerja Komplementer. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang sedang mengambil matakuliah senam aktivitas ritmik semester II tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 115 orang. Sampel kecil 25 orang, sampel besar 35 orang dan
sampel pembanding 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan angket, pengamatan ahli, wawancara, dokumentasi serta lembaran observasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif digunakan utuk melengkapi tujuan pertama,
sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengungkap tujuan kedua, dengan rancangan penelitian eksperimen before-after (one-Group pre-test and postest Design. Luaran Dan Target Capaian diantaranya:
1. Menciptakan materi pembelajaran aktivas ritmit dengan pola blended learning .
2. Menghasilkan buku mengenai model pembelajaran blended learning Berbasis Pola Kerja Komplementer.
3. Menghasilkan jurnal terakreditasi Internasional.
4. Melahirkan HKI.

Item Type: Patent
Keywords: Blended learning; Senam aktivitas ritmik; Media pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:56
Last Modified: 01 Mar 2023 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50917

Actions (login required)

View Item
View Item