Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan TA. 2021/2022

Rizkiya, Ayu (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan TA. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3181121021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3181121021 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3181121021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3181121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3181121021 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3181121021 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3181121021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3181121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3181121021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3181121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3181121021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3181121021 TABLES.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3181121021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3181121021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3181121021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3181121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3181121021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3181121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA N 5 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan dengan metode Quasi Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dimana seluruh kelas X IPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling, sampel yang dipilih adalah X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis diketahui bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian, diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol menggunakan discovery based learning. Data post test yang diperoleh yaitu, hasil rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen yaitu 83,33 dan kelas kontrol 77,03. Dari hasil pengujian hipotesis post-test diperoleh T_hitung > T_tabel yaitu (4,25 > 2,008) dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan antara model problem based learning dan discovery based learning terhadap hasil belajar sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan T.A 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-084
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Materi Ajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:09
Last Modified: 01 Mar 2023 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50905

Actions (login required)

View Item
View Item