Waruwu, Evelyn Elinawati (2015) PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA MEDAN PUTRI MEDAN TP 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111141007 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4111141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4111141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4111141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4111141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 4111141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4111141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4111141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4111141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 4111141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 4111141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan teknik mencatat biasa, teknik mencatat mind mapping, dan mengetahui pengaruh mind mapping pada materi pokok jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Swasta Medan Putri Medan Tahun pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Medan Putri Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan ada dua kelas, yaitu sampel untuk kelas eksperimen, terdiri dari 30 orang dan sampel untuk kelas kontrol terdiri dari 31 orang. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi pada penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi pokok jaringan tumbuhan. Terdiri dari soal pilihan berganda yang telah divalidasi berjumlah 30 soal dengan 4 option.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan pretes kelas eksperimen (35,37±14,47) dan pretes kelas kontrol (36,04±15,95). Sedangkan hasil analisis data postes kelas eksperimen (73,37±9,156) dan postes kelas kontrol (62,06±7,63). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,254 > ttabel = 2,047. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui teknik mencatat Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO |
Keywords: | Mind Mapping; Jaringan Tumhuhan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 02:47 |
Last Modified: | 03 May 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5084 |