Wati, Vera (2022) Pengembangan Media Audio-Visual Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Tema 1 Subtema 3 Di Kelas IV SD Negeri 118181 Kampung Jawa T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311030 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 1183311030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
3. NIM. 1183311030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1183311030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 1183311030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 1183311030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 1183311030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 1183311030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 1183311030 BAB 1.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1183311030 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1183311030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran Audio Visual pada Tema 1 Subtema 3 Kelas IV SDN 118181 Kampung Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angekt dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh pada pengembangan media audio visual menunjukkan bahwa kelayakan melalui validasi ahli media memperoleh skor 95% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian oleh ahli materi tahap I memperoleh skor 64% yang termasuk kedalam kategori “ Layak” dan harus direvisi sesuai saran dan masukan kemudian penilaian ahli materi tahap II memperoleh skor 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Berkaitan dengan kepraktisan penggunaan media pembelajaran diperoleh skor sebesar 94,6% dengan kategori ”Sangat Praktis”, dan respon peserta didik uji coba perorangan mendapatkan skor rata-rata 1 yakni berada pada kategori “baik” dan uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 1 yakni berada pada kategori “baik”. Sedangkan hasil keefektifan media menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media Audio Visual yang dikembangkan yaitu 28,5% dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 92,8 % dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan media pembelajaran dengan kategori sangat layak, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya pada pembelajaran tema 1 subtema 3 Kelas IV SDN 118181 Kampung Jawa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Audio Visual |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:23 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50830 |