Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kec. Na.IX-X T.A 2021/2022

Khadijah, Dina (2022) Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kec. Na.IX-X T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1181111011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1181111011 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1181111011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1181111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1181111011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1181111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1181111011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1181111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1181111011 TABEL OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1181111011 TABEL OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1181111011 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1181111011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1181111011 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1181111011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1181111011 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1181111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1181111011 CHAPTER I .pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1181111011 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1181111011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1181111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1181111011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1181111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket (Kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada “Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kec. Na.IX-X T.A 2021/2022”. Hal ini dapat dilihat melalui persamaan regresi yaitu Y = 73,151 + 0,198X. Maka artinya jika variabel Sarana Dan Prasarana Belajar (X) meningkat 1% maka menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,198. Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil uji koefisien sederhana (Uji t) untuk membuktikan hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,785 > 0,254) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan untuk hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,308 artinya 30,8% sarana dan prasarana belajar memberikan sumbangan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar matematika dan sisanya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kemudian untuk mengetahui arah dan kuatnya hubungan kedua variabel maka didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,603, masuk dalam kategori interval 0,60 - 0,799 dengan tinggkat hubungan yang kuat. Sehingga dapat dikatakan bahwa kekuatan hubungan sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar matematika siswa memiliki tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sarana Dan Prasarana; Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:22
Last Modified: 17 Mar 2023 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50828

Actions (login required)

View Item
View Item