Khadijah, Dina (2022) Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kec. Na.IX-X T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111011 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 1181111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
3. NIM. 1181111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4. NIM. 1181111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
5. NIM. 1181111011 TABEL OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
6. NIM. 1181111011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 1181111011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 1181111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 1181111011 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1181111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
14. NIM. 1181111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket (Kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada “Sarana Dan Prasarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kec. Na.IX-X T.A 2021/2022”. Hal ini dapat dilihat melalui persamaan regresi yaitu Y = 73,151 + 0,198X. Maka artinya jika variabel Sarana Dan Prasarana Belajar (X) meningkat 1% maka menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,198. Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil uji koefisien sederhana (Uji t) untuk membuktikan hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,785 > 0,254) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan untuk hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,308 artinya 30,8% sarana dan prasarana belajar memberikan sumbangan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar matematika dan sisanya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kemudian untuk mengetahui arah dan kuatnya hubungan kedua variabel maka didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,603, masuk dalam kategori interval 0,60 - 0,799 dengan tinggkat hubungan yang kuat. Sehingga dapat dikatakan bahwa kekuatan hubungan sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar matematika siswa memiliki tingkat hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sarana Dan Prasarana; Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50828 |