Simanjuntak, Wina Fatima Mentel (2022) Pengembangan Media Berbasis Interaktif Menggunakan Animaker Pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111112_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111112_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1183111112_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM. 1183111112_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 1183111112_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 1183111112_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183111112_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183111112_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1183111112_BAB I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM. 1183111112_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 1183111112_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 SD Negeri 104203 Bandar Khalipah T.A 2021/2022 (2)
raktikalitas media pembelajaran berbasis interaktif
enggunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 SD Negeri 104203 Bandar Khalipah T.A 2021/2022 dan (3) Efektivitas media pembelajaran berbasis interaktif mengunakan animaker pada tema 7 subtema 2
indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 SD Negeri 104203 Bandar Khalipah T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), implementasion (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis interaktif mengunakan animaker berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh
persentase sebesar 81% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Praktikalitas media diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dengan hasil persentase sebesar 90% dan termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Efektivitas media pada pretest memperoleh rata-rata etuntasan sebesar 26,08% dan setelah dilaksanakan embelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan animaker perolehan rata-rata ketuntasan nilai posttest adalah sebesar 82,60% dan termasuk ke dalam kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan
animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Interaktif; Animaker |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:16 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50821 |