MUNTHE, JONIPAR MANATAP (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK DWIWARNA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183331006 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 5183331006 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM. 5183331006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 5183331006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
5. NIM. 5183331006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 5183331006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5183331006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 5183331006 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5183331006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 5183331006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM. 5183331006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 5183331006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar instalasi penerangan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri dari sikus I dan siklus II. Siklus ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 25 Orang. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar menggunakan lembar kerja siswa (LKS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran creative problem solvinghasil belajar siswa meningkat dengan hasil nilai siklus I rata rata hasil belajar siswa 72,63 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 64%, dengan capaian 36% nilai < 75 dan 64% nilai ≥ 75 meningkat pada siklus II yang mengalami peningkatan nilai rata rata hasil belajar kopotensi siswa mencapai 82,63 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 84% dengan keterangan” Tuntas” yang mencapai nilai ≥ 75, maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antar siklus I dan siklus II sebanyak 20%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Dwiwarna Medan semester 2, tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model pembelajaran creative problem solving, Instalasi Penerangan Listrik. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:51 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50807 |