Sari, Deviyana (2022) Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Fabel Berbentuk Buku Saku Siswa Kelas VII SMP Swasta Ikal Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2171111010 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 2171111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM 2171111010 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 2171111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 2171111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM 2171111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 2171111010 LIS OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2171111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 2171111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM 2171111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 2171111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya bahan ajar yang disediakan sekolah,
karena belum adanya bahan ajar pendamping dalam proses pembelajaran sehingga
beberapa siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menarik yang
sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan bahan ajar materi teks fabel
berbentuk buku saku siswa kelas VII di SMP Swasta Ikal Medan, (2) untuk
melihat hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar materi teks fabel berbentuk
buku saku siswa kelas VII SMP Swasta Ikal Medan. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and
Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, hasil produk. Adapun hasil penelitian ini ialah
menghasilkan produk bahan ajar materi teks fabel berbentuk buku saku siswa
kelas VII SMP Swasta Ikal Medan dengan presentase kelayakan dari ahli materi
87% termasuk kategori (sangat layak) dari ahli desain 77,3% termasuk kategori
(layak), selanjutnya dari respon guru bidang studi 95% dengan kategori (sangat
layak) dan respon dari siswa kelas VII-4 ialah 89.4% kategori (sangat layak),
serta hasil belajar siswa menunjukkan pre-tes dengan nilai rata-rata 75 sedangkan
post-tes dengan nilai rata-rata 96,46. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk
pengembangan bahan ajar materi teks fabel berbentuk buku saku layak digunakan
sebagai bahan ajar pendamping disekolah serta adanya peningkatan hasil belajar
menggunakan buku saku disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Buku Saku; Teks Fabel; Metode R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116 Book industries and trade |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50800 |