PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2021/2022

SUNDORO, WENNEDI (2022) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5153111039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153111039 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153111047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153111047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153111047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153111047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153111047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153111047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5153111047 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5153111047 TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153111047 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153111047 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153111047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153111047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153111047 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153111047 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5153111047 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5153111047 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5153111047 BIBLIOPGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5153111047 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara e-learning berbasis Edmodo dengan pembelajaran dengan media konvensional pada mata pelajaran Mekanika Teknik siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X DPIB SMKN 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas DPIB-1 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas DPIB-2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Teknik penagmbilan sampel yang digunakan adalah teknik total pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Mekanika Teknik siswa yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis Edmodo tidak lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Mekanika Teknik yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis Edmodo tidak ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran media Konvensional. Hal ini dilihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan e-learning berbasis Edmodo sebesar 82,656 dan rata- rata hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media Konvensional sebesar 81,192.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-learning berbasis Edmodo, Konvensional, Hasil Belajar, Daring, Mekanika Teknik.
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:16
Last Modified: 15 Jan 2024 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50798

Actions (login required)

View Item
View Item