SUNDORO, WENNEDI (2022) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111039 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5153111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
3. NIM. 5153111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 5153111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 5153111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 5153111047 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5153111047 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5153111047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 5153111047 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
13. NIM. 5153111047 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 5153111047 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara e-learning berbasis Edmodo dengan pembelajaran dengan media konvensional pada mata pelajaran Mekanika Teknik siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X DPIB SMKN 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas DPIB-1 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas DPIB-2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Teknik penagmbilan sampel yang digunakan adalah teknik total pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Mekanika Teknik siswa yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis Edmodo tidak lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Mekanika Teknik yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis Edmodo tidak ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran media Konvensional. Hal ini dilihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan e-learning berbasis Edmodo sebesar 82,656 dan rata- rata hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media Konvensional sebesar 81,192.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | e-learning berbasis Edmodo, Konvensional, Hasil Belajar, Daring, Mekanika Teknik. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50798 |