RAMADANI, SYAFIRA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BANDICAM UNTUK PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5182111008 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 5182111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
3. NIM 5182111008 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. NIM 5182111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM 5182111008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
6. NIM 5182111008 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7. NIM 5182111008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
8. NIM 5182111008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
9. NIM 5182111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM 5182111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
14. NIM 5182111008 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Pada dasarnya para peserta didik dituntut mencari informasi secara mandiri mengingat keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka di lingkungan sekolah, sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana belajar. Lokasi penelitian ini dilakukan SMK Negeri 5 Medan khususnya peseta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan pengembangan model ADDIE. Pengembangan model ADDIE meliputi tahapan analyze (analisis) ,design (perancangan) ,development (pengemangan), implementation (implementasi),dan evaluation (evaluasi). Instrumenyang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian ini, video pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi tentang menerapkan serta mengoperasikan perintah yang terdapat pada Toolbar Draw dan Toolbar Modify yang ada pada aplikasi AutoCAD. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 4,70 dengan interpretasi “sangat layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 4,40 dengan interpretasi “Sangat layak”. Dan Hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,80 dengan interpretasi “Sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran menggunakan AutoCad layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media,Video Pembelajaran,APLPIG dan AutoCad. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:03 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50797 |