PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BANDICAM UNTUK PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DI SMK NEGERI 5 MEDAN

RAMADANI, SYAFIRA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BANDICAM UNTUK PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5182111008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5182111008 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5182111008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5182111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5182111008 ABSTARCT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5182111008 ABSTARCT.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5182111008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5182111008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5182111008 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5182111008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5182111008 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5182111008 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5182111008 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5182111008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5182111008 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5182111008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5182111008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5182111008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5182111008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5182111008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5182111008 BIBLIOPGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5182111008 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya para peserta didik dituntut mencari informasi secara mandiri mengingat keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka di lingkungan sekolah, sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana belajar. Lokasi penelitian ini dilakukan SMK Negeri 5 Medan khususnya peseta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan pengembangan model ADDIE. Pengembangan model ADDIE meliputi tahapan analyze (analisis) ,design (perancangan) ,development (pengemangan), implementation (implementasi),dan evaluation (evaluasi). Instrumenyang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian ini, video pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi tentang menerapkan serta mengoperasikan perintah yang terdapat pada Toolbar Draw dan Toolbar Modify yang ada pada aplikasi AutoCAD. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 4,70 dengan interpretasi “sangat layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 4,40 dengan interpretasi “Sangat layak”. Dan Hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,80 dengan interpretasi “Sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran menggunakan AutoCad layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media,Video Pembelajaran,APLPIG dan AutoCad.
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:03
Last Modified: 15 Jan 2024 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50797

Actions (login required)

View Item
View Item