SIREGAR, RAHMAD HARTONO (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH ( PROBLEM BASED LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 BATANG NATAL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5151111041 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 5151111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 5151111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 5151111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 5151111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 5151111041 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 5151111041 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 5151111041 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5151111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 5151111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 5151111041 BIBLIOGRAFPY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaranberbasismasalah terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa SMK Negeri 1 Batang Natal Tahun Ajaran 2021/2022 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan BisnisKonstruksiProperti yang terdiri dari kelas BKP1 dan BKP 2 yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dengan 4 opsi jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing strategi pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan pembelajaranberbasismasalah memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,73 dan posttest sebesar 84,80, standar deviasi pretest sebesar 10,44 dan standar deviasi posttest sebesar 5,82. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model konvensional memperopleh nilai rata-rata pretest sebesar 52,8 dan posttest sebesar 72,07 standar deviasi pretest sebesar 11,57 dan standar deviasi posttest sebesar 3,74. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,89 > 1,68) maka hipotesisalternatif (Ha) diterimadanhipotesisnol (H0) ditolak.danminatbelajarsiswadengan model konvensionalmemiliki rata-rata 61,63 danpembelajaranberbasismasalah 83,61 mengalamipeningkatan 26,28% Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaranberbasismasalahterhadapminatdan hasil belajar Konstruksi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran, berbasismasalah, model konvensional, Hasil Belajar. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:54 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50795 |