LINGGA, ALFREDO SHANDYCA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN K3 PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111005 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5153111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM. 5153111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
4. NIM. 5153111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
5. NIM. 5153111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7. NIM. 5153111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 5153111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM. 5153111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
13. NIM. 5153111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 5153111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya perubahan aktivitas belajar yang yang menuntut peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Namun tidak didukung oleh sumber belajar yang memadai untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. Lokasi penelitian dilakukan pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Researchand Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Modul Pembelajaran dengan hasil validasi oleh Ahli Materi 1 sebesar 77,29% mencapai kategori Layak, hasil validasi oleh Ahli Materi 2 sebesar 88,64% mencapai kategori Sangat Layak, hasil validasi oleh Ahli Media sebesar 90,81% mencapai kategori Sangat Layak, hasil validasi oleh Ahli Bahasa sebesar 84% mencapai kategori Sangat Layak, hasil uji coba kelompok kecil siswa sebesar 86% mencapai kategori Sangat Layak. Kelayakan Modul Pembelajaran didapat dari rata-rata penilaian sebesar 85,78%. Maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran yang telah dikembangkan Sangat Layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK Negeri 2 Medan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Modul Pembelajaran, ADDIE. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:33 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50778 |