PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN K3 PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN

LINGGA, ALFREDO SHANDYCA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN K3 PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5153111005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153111005 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153111005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153111005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153111005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153111005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153111005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5153111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5153111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5153111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5153111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya perubahan aktivitas belajar yang yang menuntut peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Namun tidak didukung oleh sumber belajar yang memadai untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. Lokasi penelitian dilakukan pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Researchand Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Modul Pembelajaran dengan hasil validasi oleh Ahli Materi 1 sebesar 77,29% mencapai kategori Layak, hasil validasi oleh Ahli Materi 2 sebesar 88,64% mencapai kategori Sangat Layak, hasil validasi oleh Ahli Media sebesar 90,81% mencapai kategori Sangat Layak, hasil validasi oleh Ahli Bahasa sebesar 84% mencapai kategori Sangat Layak, hasil uji coba kelompok kecil siswa sebesar 86% mencapai kategori Sangat Layak. Kelayakan Modul Pembelajaran didapat dari rata-rata penilaian sebesar 85,78%. Maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran yang telah dikembangkan Sangat Layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK Negeri 2 Medan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, ADDIE.
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:33
Last Modified: 15 Jan 2024 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50778

Actions (login required)

View Item
View Item