HUTAJULU, CAPRINA MAGDALENA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA DASAR KONSTRUKSI MENGGUNAKAN E-MODULEPADA KELAS X DI SMKN 8 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153143005 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 5153143005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM. 5153143005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 5153143005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5. NIM. 5153143005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 5153143005 TABLES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM. 5153143005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM. 5153143005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 5153143005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
13. NIM. 5153143005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 5153143005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan serta kepraktisan media pembelajaran E-Module pada kompetensi pembelajaran membuat pola dasar busana teknik konstruksi dengan sistem dressmaking pada peserta didik kelas X Tata Busana di SMKN 8 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada penelitian dan pengembangan 4D, yaitu 1) langkah pendefinisian (define), 2) langkah perancangan (design), 3) langkah pengembangan (development), 4) langkah penyebaran (desseminate). Pada langkah pengembangan (development), mediaE-Module divalidasi kelayakan pada 3 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 2 orang ahlimedia serta dilanjutkan dengan melakukan uji praktikalitas kepada 10 orang peserta didik dan uji praktikalitas kepada 2 orang gurubidang studi membuat pola. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) Menghasilkan pengembangan produk media pembelajaran E-Modulepola dasar busana pada kompetensi membuat pola dasar busana teknik konstruksi pada peserta didik kelas X Tata Busana di SMKN 8 Medan. Dimana berdasarkan pertimbangan dari ahli materi yang menyatakan bahwa secara keseluruhan (94,6%) materi sangat baik, dari ahli bahasa yang menyatakan bahwa secara keseluruhan (93%) bahasa yang digunakan sangat baik, dan dari ahlimediamenyatakan secara keseluruhan (91,1%) media sangat baik;2) Selanjutnya melakukan uji praktikalitas terhadap 10 orang peserta didik dan 2 orang guru, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji praktikalitas terhadap 10 orang peserta didik yaitu sebesar (92,2%) dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji praktikalitas pada guru sebesar (88,4%) dengan kriteria baik.
Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran E-Module membuat pola dasar busana dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas X Tata Busana di SMKN 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, E-Module, Bidang studi Membuat Pola Dasar Busana. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:26 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50777 |