LUMBANTORUAN, MAYA SARI (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X BUSANA SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5173143013 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 5173143013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM. 5173143013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 5173143013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 5173143013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 5173143013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 5173143013 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 5173143013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 5173143013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 5173143013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 5173143013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran abad 21 memiliki karakteristik pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis teknologi, pelajaran yang berkaitan dengan kehidupan siswa, dan kemampuan siswa bekerja sama dengan orang lain. Pembelajaran di kelas X Busana SMK Pariwisata Imelda Medan khususnya mata pelajaran tekstil kurang sesuai dengan pembelajaran abad 21 maka dari itu pengembangan E-LKPD Liveworksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) diharapkan mampu mengatasi kesenjangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan E-LKPD Liveworksheet berbasis PBL pada mata pelajaran tekstil kelas X Busana SMK Pariwisata Imelda Medan dan (2) Mengetahui kelayakan melalui uji validitas dan uji kelayakan E-LKPD Liveworksheet berbasisProblem Based Learning pada mata pelajaran tekstil di kelas X Busana SMK Pariwisata Imelda.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Sampel pada penelitian ini adalah kelas X Busana di SMK Pariwisata Imelda Medan. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah : (1) pengembangan E-LKPD mendapatkan nilai akhir rata-rata 97.1 (valid, tanpa revisi) dari ahli materi dan rata-rata nilai akhir 95.5 (valid, tanpa revisi) dari ahli media. (2) E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan nilai rata-rata uji kelayakan kelas terbatas 84.3 (sangat layak) dan nilai rata-rata kelas besar 93.6 (sangat layak).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-LKPD, Liveworksheet, Problem Based Learning, Bahan Tambahan. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:21 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50773 |