GIRSANG, VERA WATY (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341015 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 7183341015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 7183341015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
4. NIM 7183341015ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 7183341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
6. NIM 7183341015 TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 7183341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM 7183341015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
9. NIM 7183341015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
13. NIM 7183341015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 7183341015 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Percut Sei Tuan T.A 2022/2023 yang beralamat di Jl. Pendidikan, Bandar Klippa, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMAN 2 Percut Sei Tuan dengan jumlah 102 orang. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menyebarkan angket / kuisioner. Sebelum kuisioner diberikan kepada responden sesungguhnya, sehingga dilaksanakan uji instrument untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Tehnik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh: persamaan regresi linear berganda Y = 18.595 + 0,304X1 + 0,426X2. Kemudian variable pola asuh orang tua (X1) mempunyai pengaruh yang positive serta signifikant terhadap hasil belajar ekonomi dimana skor thitung > ttabel (2,826 > 1,984) dimana skor signifikansi < 0,05 (0,06 < 0,05) dan variable kebiasaan belajar (X2) mempunyai pengaruh yang positive serta signifikant terhadap hasil belajar ekonomi dimana skor thitung > ttabel (4,218 > 1,984) dengan skor signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Kemudian skor Fhitung > Ftabel (44,382 > 3,09) dimana skor signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Bisa ditarik kesimpulan bahwasanya ada pengaruh yang positive serta signifikant pola asuh orang tua serta kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. dengan kontribusi pengaruh pola asuh orang tua, kebiasaan belajar dan hasil belajar peserta didik di mata pelajaran ekonomi kelas XI pada SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2022/2023 sebesar 47,4%dan selisihnya sebesar 52,3%diberi pengaruh dari factor lainnya diluar penelitian ini. Hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50736 |