GINTING, FILIA VIOLENCIA BR (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341005 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2. NIM 7183341005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM 7183341005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM 7183341005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 7183341005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
6. NIM 7183341005 TABLE.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
7. NIM 7183341005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM 7183341005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
9. NIM 7183341005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13. NIM 7183341005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM 7183341005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya perilaku menabung mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2019. Oleh karena itu peneliti mencoba meneliti faktor yang mempengaruhi perilaku menabung tersebut yaitu literasi keuangan, kontrol diri, dan inklusi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dan pengamatan langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Pengumpulan data digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPPS25.
Kesimpulan yang diperolah dari pembahasan adalah Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung.
Kontrol Diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Inklusi Keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Literasi Keuangan, Kontrol Diri, dan Inklusi Keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. kontribusi Literasi Keuangan, Kontrol Diri, dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
Angkatan 2019 adalah sebesar 39,8%.
Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Inklusi Keuangan dan Perilaku Menabung. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50724 |