MARMATA, CRISMA AFRIANTI BR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183341006 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 7183341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 7183341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 7183341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM. 7183341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 7183341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM. 7183341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM. 7183341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM. 7183341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 7183341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 7183341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Internet dan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berlokasi di Jalan Pendidikan Pasar XII desa Bandar Klippan Kecamatan Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini yaituex post facto. Denganpopulasi ialah Peserta Didik Kelas X5, X6 dan X7 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan TA 2022/2023 yang berjumlah 97 Siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling maka dari itu diperoleh jumlah sampel sebanyak 97peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket. Angket dimanfaatkan terlebih dahulu pada uji validitas serta reliabilitas sebelum disebarkan pada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, linear berganda , uji T, uji F dan uji Koefisien Determinasi (R2) dengan dengan memanfaatkan aplikasi software SPSS 25 for windows.
Hasil uji T memperlihatkan bahwaPenggunaan Internetmemiliki pengaruh positiveserta signifikantpadahasil belajar siswa dimanathitung> ttabel dimana 4,477> 1,661 dengan skor signifikant 0,000< 0,05. Bimbingan Belajar memiliki pengaruh positiveserta signifikantpadahasil belajar siswa dimanathitung> ttabel (7,530>1,661) dan skor signfikansi 0,000<0,05. Hasil uji F secara parsial memperlihatkan bahwasanyaada pengaruh positiveserta signifikant antara Penggunaan Internetdan Bimbingan Belajarterhadap hasil belajardengan Fhitung> Ftabel sebesar 163,9993 > 3,09 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penghitungan analisis regresi berganda didapatkan hasil Y = 33,240 + 0,186X1 + 0,376 X2dengan koefisien determinasi sebesar 77,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanyaada pengaruh positiveserta signifikantPenggunaan InternetsertaBimbingan Belajarterhadap hasil belajar peserta didik dengan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 77,7% serta selebihnya 22,3% diberi pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Internet dan Bimbingan Belajar dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50723 |