Sinaga, Yan Capri (2016) PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) DI KELAS X SMA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.409141106 Cover.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02. NIM. 409141106 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
04. NIM 409141106 Abstrak.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
05. NIM. 409141106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06. NIM 409141106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07. NIM 409141106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. NIM. 409141106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM 409141106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
10. NIM. 409141106 BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 409141106 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
15. NIM.409141106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fungi (jamur) di kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan. Teknik pengambilan sampel secara acak, adapun kelas X-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang siswa dan kelas X-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang siswa. Kelas eksperimen diajar dengan metode peta pikiran dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 61,97 dan pada kelas kontrol adalah 55,92 . Kemudian rata- rata nilai postes kelas eksperimen adalah 80,87 dan pada kelas kontrol adalah 75,68. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t satu pihak menunjukkan nilai t hitung = 2,78 dan t tabel = 1,674 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fungi (jamur) di kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 036 |
Keywords: | Peta Pikiran; Hasil Belajar Siswa; Fungi (Jamur) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 23:32 |
Last Modified: | 02 May 2016 23:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5072 |