VIDE, OKTO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141004 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 7181141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM 7181141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 7181141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 7181141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 7181141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
7. NIM 7181141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM 7181141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
12. NIM 7181141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM 7181141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat pada penelitian ini ialah masalah hasil belajar siswa ekonomi kelas X Ips SMA Swasta Panca Budi Medan T.P 2022/2023. Penelitian tujuannya yaitu melihat pengaruh hasil belajar siswa pada pembahasan kelangkaan, masalah ekonomi di kelas X Ips SMA Swasta Panca Budi Medan T.P 2022/2023.
Penelitian ini di laksanakan di SMA Swasta Panca Budi Medan beralamat di jl. Gatot Subroto No.Km 4, Simpang Tj. Kec. Medan Sunggal. Kota medan. Dimana banyak populasi sama dengan sampel yaitu sejumlah 64 orang sebanyak 2 kelas. Adapun kelas X Ips 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol X Ips 2. Teknik yang dipergunakan pada pengambilan sampel ialah total sampling. Instrument dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah hasil tes belajar siswa berbentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal, dimana sebelumnya telas dilakukan uji coba untuk melihat hasil uji validitas, uji reabelitas, uji daya beda dan tingkat kesukaran soal dari hasil perhitungan tes hasil belajar ialah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil pembelajaran yang dipelajari menggunakan model pembelajaran group investigation lebih tinggi dari hasil belajara yang menggunkana model konvensional. Hasil uji statistic memperlihatkan hasil belajar yang dipelajari siswa pada pre test dengan model pembelajaran group investigation ialah 08,253 dan post test ialah 08,400 sementara hasil belajar pre test menggunakan model konvensional ialah 09,134 dan post test 08,362. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,255 >1,670 dengan taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan model pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi kelas X Ips SMA Panca Budi Medan T.P 2022/2023 pada pokok bahasan masalah ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50716 |