PANDIANGAN, LORENTINA (2022) PENGARUHK REATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XIDI SMANEGERI 1 RONGGURNIHUTA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183141046 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2. NIM 7183141046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM 7183141046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM 7183141046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 7183141046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
6. NIM 7183141046 TABLES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM 7183141046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
8. NIM 7183141046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM 7183141046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
13. NIM 7183141046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7183141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan ips yang berjumlah 71 siswa. teknik pengambilan sampel menggunkan Teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. sehingga jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 71 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan aplikasi SPSS 25. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Teknik kuisioner, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=47,966 + 0,104 X1 + 0,176 X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial menunjukkan, ada pengaruh positif dan signifikan Kreativitas Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar (Y) dengan nilai t hitung 2,308 > t tabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh positif dan Signifikan Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) dengan nilai t hitung 4,181 > t tabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan menunjukkan, ada pengaruh positif dan signifikan Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar tehadap Hasil Belajar (Y) dengan nilai Fhitung 13,854 > Ftabel 3,13 dan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Besaran Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar (X1+X2) terhadap Hasil Belajar (Y) sebesar 29%,sedangkan sisanya 71% dipengaruhi leh Variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:07 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50712 |