TELAUMBANUA, IDAMAN (2023) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7182142021 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2.NIM.7182142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3.NIM.7182142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4.NIM.7182142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
5.NIM.7182142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6.NIM.7182142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7.NIM.7182142021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8.NIM.7182142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9.NIM.7182142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13.NIM.7182142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
14.NIM.7182142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya Motivasi Belajar Akuntansi siswa Kelas XI SMK Swasta jambi Medan selama proses pembelajaran berlangsung dikarenakan Perhatian Orang tua dan Fasilitas Belajar yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Perhatian Orang tua dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi kelas XI akuntasi di SMK Swasta Jambi Medan.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan, tepatnya Pada Siswa Kelas XI Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 49 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 49 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 38 pernyataan dengan skala likert 4 point, 10 pernyataan untuk Perhatian Orang Tua, 10 pernyataan untuk Fasilitas Belajar, dan 18 pernyataan untuk Motivasi Belajar. Angket penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 15,526 + 0,631 X1 + 0,708 X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orang tua terhadap Motivasi Belajar akuntansi dengan nilai Thitung sebesar 2,407 > 1,679 Ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,020 < 0,05. Fasilitas Belajar juga berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar akuntansi dengan nilai Thitung sebesar 2,877 > 1,679 Ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,006 < 0,05 sedangkan pengujian hipotesis secara simultan, variabel bebas bersama-sama berpengaruh terhadap Motivasi Belajar akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 12,178 > 3,195 Ftabel. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 31,8 %, sedangkan sisanya 68,2 % dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:57 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50684 |