KOTO, ULFAH KHAIRUNNISA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK SWASTA PEMBANGUNAN SWADAYA KOTA PADANGSIDEMPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183344015 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 7183344015 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7183344015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 7183344015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM. 7183344015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7183344015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 7183344015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 7183344015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7183344015 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 7183344015 BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 7183344015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Lingkungan Belajar dan Budaya Sekolah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini adalah expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Swasta Pembangunan Swadaya Kota Padang Sidempuan dengan jumlah sampel 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalahPurposive Sampling. Sedangkan, untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, dokumentasi dan penyebaran angket/kuesioner. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliaibilitas menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji-T), Pengujian Hipotesis Simultan (Uji-F) dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=15,209 + 0,331 X1 + 0,342X2.Hasil Uji-T menunjukkan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dengan memperoleh nilai thitung>ttabel(2,430 > 2,008) serta nilai signifikan <0,05 (0,019 < 0,05). Budaya Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dengan memperoleh nilai thitung> ttabel (2,303 > 2,008) serta nilai signifikan < 0,05 (0,025 < 0,05). Lingkungan Belajar dan Budaya Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar PesertaDidik dengan memperolehnilai Fhitung> Ftabel (6,787 > 3,179) serta nilai signifikan 0,002 < 0,05. Selanjutnya nilai koefisien determinasi diperoleh R Square yaitu sebesar 0,210 atau 21,0% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar dan Budaya Sekolah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Swasta Pembangunan Swadaya Kota Padang Sidempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar dan Budaya Sekolah, Prestasi Belajar Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 02:56 |
Last Modified: | 11 May 2023 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50663 |