LASE, AGUS ADI SAMA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN BOOK CREATOR GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 PAKKAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183144022 COVER.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
2. NIM 7183144022 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM 7183144022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM 7183144022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 7183144022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 7183144022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7183144022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7183144022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7183144022 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 7183144022 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM 7183144022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pakkat di kelas X OTKP Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, berlokasi di Jalan Doloksanggul-Pakkat Hauagong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menggunakan Book Creator pada mata pelajaran kearsipan untuk siswa kelas X OTKP.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki tahap (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; (5) evaluasi, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu Development (pengembangan). Subjek penelitian ini disesuaikan dengan uji coba yang dilakukan. Pada uji coba perorangan sampel 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil sampel 12 orang siswa dan pada uji coba kelompok besar sampel 34 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar menggunakan book creator dengan topik peralatan kearsipan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh penilaian: ahli media memperoleh skor 85,5% dengan kategori sangat baik, ahli materi memperoleh skor 88% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 88,6% dengan kategori sangat baik. (2) berdasarkan hasil uji coba diperoleh penilaian: uji coba perorangan memperoleh skor 93,8% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 89% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh skor 91,3% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar yang dibuat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Book Creator. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 May 2023 04:08 |
Last Modified: | 10 May 2023 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50658 |