PEMANFAATAN ICT BERBASIS LABORATORIUM PHET COLORADO DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI LISTRIK STATIS

Pulungan, Miftahurrahmah and Zendrato, Natasya and Wulandari, Retno (2023) PEMANFAATAN ICT BERBASIS LABORATORIUM PHET COLORADO DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI LISTRIK STATIS. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Phet Colorado dalam pembelajaran online tentang kemagnetan dan pemanfaatannya berdasarkan hasil belajar siswa. Tingkat keefektifan siswa dapat menjadi diketahui melalui hasil Pre-test dan Post-test. Phet Colorado adalah virtual simulasi laboratorium yang meliputi fisika, kimia, matematika, ilmu bumi, dan biologi. Selanjutnya penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sunggal tanggal 23 Oktober 2022 Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah penduduk di penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Sunggal. Sebelum pengambilan sampel, uji homogenitas dilakukan dengan bantuan program SPSS. Homogenitas ini digunakan untuk mengetahui apakah data sampel diperoleh dari suatu populasi dengan varian homogen atau tidak. Data tentang efektivitas penggunaan Phet Colorado di pembelajaran online materi listrik statis dan pemanfaatannya diperoleh dari hasil pengujian. Ini diketahui bahwa skor N-gain yang diperoleh adalah 0.669.Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan Phet Colorado dalam pembelajaran online tentang listrik statis dan pemanfaatannya termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa juga meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan Phet Colorado. Sementara itu, siswa mengaku bahwa mereka antusias dan tidak bosan sehingga siswa lebih mudah memahaminya materi yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 537.2 Pul p
Keywords: Laboratorium; Listrik statis; Pembelajaran sains; Phet Colorado
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:17
Last Modified: 13 Feb 2023 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50641

Actions (login required)

View Item
View Item