Handoko, Rudy (2015) ANALISIS MISKONSEPSI PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113341036 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2 NIM 4113341036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
4 NIM 4113341036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4113341036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6 NIM 4113341036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 NIM 4113341036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4113341036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9 NIM 4113341036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4113341036 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14 NIM 4113341036 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15 NIM 4113341036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3 NIM 4113341036 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memeriksa miskonsepsi yang terdapat pada buku teks biologi, dan seberapa besar miskonsepsi yang terdapat pada buku teks biologi. Sampel berjumlah 2 buku dengan teknik penyuplikan secara purposif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa indikator miskonsepsi pada buku teks, kisi-kisi pengembangan konsep dan indikator kategori miskonsepsi buku teks. Hasil penelitian terhadap 2 buku biologi SMA kelas X berbasis KTSP 2006 dan K13 yang digunakan di sekolah Kota Tebing Tinggi tahun pelajaran 2014-2015 ditemukan 20 miskonsepsi, Misidentifications (MI) sebesar 20%, Overgeneralizations (OG) sebesar 10%, Oversimplifications (OS) sebesar 45%, Undergeneralizations (UG) sebesar 20% dan Obsolote Concepts and Terms (OCT) sebesar 5%. Pada Buku “X” ditemukan sebanyak 6 miskonsepsi, yakni Misidentifications (MI) 33,3%, Oversimplifications (OS) 50%, Undergeneralizations (UG) 16,7%. Buku “Y” ditemukan sebanyak 14 miskonsepsi, yakni Misidentifications (MI) 14,28%, Overgeneralizations (OG) 14,28%, Oversimplifications (OS) 42,85%, Undergeneralizations (UG) 21,42% dan Obsolote Concepts and Terms (OCT) 7,14%. Jadi yang paling banyak miskonsepsi dalam buku teks adalah buku “Y”. Miskonsepsi tentang suatu konsep yang tidak tepat, salah dalam penjelasan konsep atau penjabaran yang terlalu menyederhanakan dan tidak sesuai dengan pengertian ilmiahnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 018 |
Keywords: | Miskonsepsi; Buku teks; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 22:16 |
Last Modified: | 02 May 2016 22:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5064 |