Hutahaean, Harvei Desmon and Lubis, Ali Akbar and Rahman, Muhammad Aulia and Solihin, Muhammad Dani and Sinaga, Denny Haryanto (2022) PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SENTRA PRODUKSI DAN PEMASARAN TANAMAN MINT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengembangan potensi tanaman mint dalam bisnis industri memiliki peluang yang sangat menjanjikan
sebagai produk olahan teh kemasan di Kelurahan Binjai, Medan Denai Kota Medan. Berbagai kendala
ditemukan dalam pengelolaan dan pengolahan budidaya tanaman mint menjadi produk olahan teh mint.
Program pengabdian masyarakat bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui perbanyakan
bahan baku tanaman mint sehingga dapat menghasilkan tanaman mint yang berkualitas. Selain itu, adanya
pengolahan daun mint yang lebih baik menjadi teh daun mint dalam bentuk kering akan menambah nilai
jual daun mint dengan strategi pemasaran yang dilakukan secara online dan offline. Pelaksanaan program
kerja pengabdian dilakukan dalam tiga tahapan utama, yaitu tahap pra produksi, produksi dan pasca
produksi. Produk teh mint yang dihasilkan dikenalkan kepada masyarakat kelurahan Binjai Kota Medan
sekaligus dengan dilakukannya optimalisasi pengelolaan dan pengolahan tanaman mint menjadi produk
turunan yang intensif ditekankan melalui penyuluhan interaktif, pelatihan pengolahan dan pengemasan
produk mint. Langkah lain yang diambil yaitu dengan melakukan pengembangan kuantitas dan kualitas
tanaman mint, pengolahan teh daun mint, dan pemasaran. Dengan demikian, produksi teh daun mint
olahan dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Produksi; Pemasaran; Kemasan; Daun Mint |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF1040 Commodities. Commercial products H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:13 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50565 |