Simbolon, Desry Ennohelpy (2022) Capaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Di TK Sandy Putra Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1173313016 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 1173313016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1173313016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 1173313016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM 1173313016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 1173313016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM 1173313016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 1173313016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
12. NIM 1173313016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
13. NIM 1173313016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat didalam penelitian ini yakni kurangnya
ketercapaian pengembangan SOSEM AUD lima sampai enam tahun di Taman Kanak-Kanak. Adapun yang tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahuai ketercapaian SOSEM anak dan pola asuh yang diberikan oleh orang tua saat mengajari anaknya dirumah usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 10 AUD
dimana subjek penelitian 5 orang anak dan 5 orang tua dari anak berumur 5-6 tahun di TK Sandy Putra Medan. Untuk memperoleh data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan dari 5 orang anak
ada 2 keluarga menggunakan pola asuh yang otoriter dan dua keluarga menggunakan pola asuh yang demokratis serta 1 orang anak dengan pengasuhan yang permisif. Anak yang diasuh dengan menggunakan pola asuh yang otoriter cenderung kurang aktif dibanding dengan anak yang lain, kesulitan bergaul dengan anak seusianya, dan komunikasinya masih kurang optimal. Sedangkan pada pola asuh yang demokratis dimana anak cenderung lebih mudah bergaul dengan teman sebayanya, aktif dalam segala hal, berani mengungkapkan pendapat, sedangkan dalam pola asuh permisif, anak lebih cenderung ceria karena
segala kegiatan yang dilakukan oleh anak dengan kemauan anak tanpa adanya orang tua yang mengekang dia serta orang tua selalu menuruti segala kemauan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Sosial Emosional; Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 04:15 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50552 |